Ini Dia 9 Smartphone MERAH Dirilis Tahun Ini!

Apa yang terlintas di benak Anda jika saya membahas soal warna merah? Kesan romantisme, segala hal yang identik dengan mawar, lipstick, feminin, keberuntungan atau mungkin warna penuh gelora dan keberanian? Sebagian etnis tertentu (China) menganggap warna merah adalah perlambang keberuntungan dan rezeki yang berlimpah.
Maka tidak heran jika sebagian besar warna amplop angpao, lampion, dan bahkan aksesoris di acara besar menggunakan ornament berwarna merah. Meski dianggap warna yang jauh dari kesan konvensional, namun nyatanya warna merah tetap dicari dan disukai oleh pasar. Maka tidak heran jika kemudian banyak vendor smartphone yang kemudian mulai melakukan eksperimental dengan warna merah yang terkesan sexy dan berani.
Dan alih-alih memilih smartphone dengan warna hitam, abu-abu atau emas yang membosankan dan terlalu “mainstream”, mungkin kali ini Anda perlu menjajal sensasi berani dari smartphone berwarna merah. Nah, di sepanjang tahun 2017 ini, ada 9 vendor yang merilis flagship andalannya dengan mengusung varian warna merah yang keren. Apa saja?
Berikut ini adalah daftar smartphone keren varian merah yang dirilis tahun ini yang cocok buat Anda

1. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus (Product) RED Special Edition
iPhone 7 dan iPhone 7 Plus awalnya diluncurkan di akhir September 2016 lalu dengan varian  warna Jet Black, Black, Silver, Gold, dan Rose Gold. Kemudian pada bulan Maret tahun ini, Apple bermitra dengan (PRODUCT) RED, sebuah organisasi kemanusiaan  yang mengumpulkan dana untuk berbagai aksi amal/kemanusiaan dan penanggulangan HIV/AIDS di Afrika, merilis iPhone 7 dan iPhone 7 Plus (Product) RED Special edition dengan warna merah yang sangat cerah. Hadirnya duo smartphone ini mendapat antusiasme besar di China. Sebagai contohnya adalah JD.com yang telah mencatat hampir 500.000 unit pemesanan kedua perangkat tersebut  menjelang tanggal rilisnya yakni 24 Maret 2017.
Kinerja smartphone yang menjalankan iOS 10.1.0 ini mengandalkan processor A10 Fusion yang dibangun dengan prosesor Quad-core 2.34 GHz (2x Hurricane + 2x Zephyr), RAM 2GB dan opsi penyimpanan memori internal 32/128/256 GB. Dan dibekali dengan kinerja kelola grafis PowerVR Series7XT Plus (six-core graphics).

2. OPPO F3 Red Edition/OPPO F3 Diwali Edition
Ketika OPPO F3 dirilis pada bulan Mei 2017 lalu, smartphone keren ini tersedia dalam Gold and Rose Gold. Namun, OPPO melihat peluang dengan banyaknya pasar yang menginginkan varian warna lain yakni warna merah. Dan hal itu terbukti dengan diluncurkannya OPPO F3 Red Edition pada bulan Agustus 2017 lalu.
Varian merah dari OPPO F3 ini memiliki garis antena berwarna emas dan bukan berwarna perak (seperti kebanyakan smartphone OPPO lainnya). Dan jika Anda melihat bagian belakang di OPPO F3 Red Edition terdapat logo “OPPO” yang  ditulis dengan warna emas. Sebuah varian serupa dirilis di India pada bulan Oktober untuk merayakan festival Diwali, makanya OPPO F3 Red Edition disebut juga dengan OPPO F3 Diwali Edition.
Kinerja dari smartphone yang menjalankan OS Android v6.0 Marshmallow ini mengandalkan prosesor MediaTek MT6750T (Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53), kelola grafis dengan GPU Mali-T860MP2, RAM 4GB, dan penyimpanan memori internal berkapasitas 64GB.

3. Xiaomi Mi 5X


Xiaomi Mi 5X atau biasa disebut Xiaomi Android One Mi A1 (untuk pasar global) awalnya dirilis dalam varian warna hitam, emas, dan merah jambu. Dan kemudian pada pertengahan Oktober 2017 lalu, Xiaomi kemudian mengumumkan varian warna merah dari Xiaomi Mi 5X.
Kinerja dari Xiaomi Mi 5X mengandalkan processor octa core Qualcomm Snapdragon 625 (MSM8953) yang dibangun dari Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, RAM 4GB, penyimpanan memori internal sebesar 64GB, dan kelola grafis dengan memanfaatkan GPU Adreno 506. 
4. Meizu M6 Note Red/M6 Note One Piece
Salah satu smartphone andalan terbaru Meizu yakni Meizu M6 Note dinilai cukup berhasil meraup popularitas dan diterima dengan baik sejak diluncurkan. Meizu M6 Note Red adalah smartphone pertama besutan Meizu yang didukung oleh prosesor Snapdragon dan juga mengemas kamera ganda.
Ponsel yang tampak memukau dengan dukungan quad LED Flash ini awalnya diluncurkan dalam varian warna Peacock Blue, dan beberapa waktu kemudian Meizu memutuskan untuk meluncurkan varian Flame Red dan varian One Piece Special Edition.
Kinerja dari smartphone yang menjalankan OS Android v7.1.2 ini mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 (MSM8953) yang dibangun dengan kombinasi prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, kelola grafis dengan GPU Adreno 506, dan kombinasi RAM/ROM : RAM 4GB/ROM 16GB/64 GB, dan atau  RAM 3GB/ ROM 32 GB.

5. Sony Xperia XZ Premium Rosso
Jika Anda tidak menyukai desain panel yang terkesan tebal khas Sony, hal ini bisa dimengerti. Namun sepertinya Anda tidak dapat menyangkal bahwa Sony Xperia XZ Premium Rosso adalah salah satu smartphone berwarna merah yang paling memikat di kelas smartphone premium.
Adapun Sony Xperia XZ Premium dirilis oleh Sony di akhir bulan Juni 2017 lalu, namun varian warna baru yakni Rosso diumumkan bulan lalu, dan varian ini sangat indah karena menonjolkan eksistensi warna merah yang solid.
Kinerja dari smartphone yang menjalankan OS Android v7.1 Nougat ini mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 (MSM8998) yang dibangun dengan processor Octa-core (4x2.45 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo),  kinerja kelola grafis GPU Adreno 540, RAM 4GB, dan ROM 64GB.

6. OPPO R11S Red
Sejak diperkenalkan di bulan Oktober 2017 lalu, OPPO R11S adalah salah satu smartphone OPPO yang mengusung desain layar penuh (full display) dan merupakan seri kedua yang memiliki varian warna merah selain seri lainnya yakni OPPO F3 Red Edition yang diluncurkan bulan Agustus 2017 lalu. Adapun OPPO R11S Red diperkenalkan oleh OPPO beberapa minggu yang lalu.
Awalnya, OPPO R11S diperkenalkan dalam  varian warna Gold, Black, dan Champagne, dan beberapa waktu kemudian OPPO juga merilis varian merah yang dinamakan OPPO R11S Red. Salah satu fitur keren dari varian merah ini adalah warna merah darahnya yang total berwarna merah merata mulai dari depan, sisi,bezel, hingga bagian belakang smartphone.
Kinerja dari OPPO R11S Red mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 (MSM8956 Plus) yang dibangun  berdasarkan prosesor  Octa-core (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260), kinerja kelola grafis GPU Adreno 512, RAM 4GB, dan ROM 64GB. Smartphone yang menjalankan OS Android v7.1.1 Nougat ini menampilkan antarmuka                                                                                 ColorOS 3.2 khas OPPO.
7. Samsung Galaxy S8 Burgundy Red
Smartphone terbaru yang mengusung varian warna merah berikutnya adalah Samsung Galaxy S8. Smartphone ini adalah smartphone berbasis OS Android dengan versi paling jadul di antara jajaran smartphone di daftar ini, dan sekaligus adalah smartphone terbaik di daftar ini.
Samsung meluncurkan Samsung Galaxy S8 di bulan April 2017 lalu dengan beberapa varian Midnight Black, Orchid Grey, Arctic Silver, Coral Blue, dan Maple Gold. Dan beberapa hari yang lalu, Samsung  menambahkan varian baru dari Samsung Galaxy S8 yakni varian warna  Rose Pink, dan Burgundy Red.
Varian warna Burgundy Red ini memang tersedia eksklusif untuk pasar tertentu. Burgundy Red misalnya, yang  hanya tersedia di pasar Korea Selatan, namun kabarnya Samsung akan merilis varian ini di lebih banyak negara di seluruh dunia (meski hal ini belum dikonfirmasi secara resmi oleh pihak Samsung). 
Kinerja dari Samsung Galaxy S8 Burgundy Red mengandalkan prosesor octa core Exynos 8895 (untuk pasar EMEA) dan Qualcomm Snapdragon 835 (MSM8998) untuk pasar USA dan China. Smartphone yang menjalankan OS Android v7.0 Nougat ini didukung oleh kelola grafis Mali G71 MP20 (untuk pasar EMEA) dan GPU Adreno 540 (untuk pasar USA dan China), RAM 4GB, dan ROM 64GB dan mendukung penyimpanan memori eksternal melalui MicroSD (menumpang di SIM 2) hingga 256GB
8. OnePlus 5T Red Lava
OnePlus meluncurkan 5T di China kemarin (28/11) namun berbeda dengan negara lain yang hanya mendapatkan varian warna Midnight Black, China ternyata mendapatkan varian warna Red Lava, yang dinamakan OnePLus 5T Red Lava. Lahirnya smartphone ini  sekaligus  menandai ulang tahun ke-4 perusahaan smartphone tersebut.
Adapun OnePLus 5T Red Lava  adalah smartphone premium dengan desain berwarna merah saga yang atraktif. Dan bagi Anda pecinta warna merah, Anda akan langsung jatuh cinta saat pertama kali melihat OnePLus 5T Red Lava.
Kinerja OnePLus 5T Red Lava mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 (MSM8998), kinerja kelola grafis Adreno 540, kombinasi RAM/ROM: RAM 8GB/ROM 128GB dan atau RAM 6GB/ROM 64 GB. Smartphone yang menjalankan OS Android v7.1.1 Nougat ini sayangnya tidak mendukung ekspansi penyimpanan memori eksternal, jadi Anda hanya bisa mengandalkan penyimpanan                                                                                       memori internal saja.
9. Huawei Honor V10 Charm Red
OnePlus 5T bukan satu-satunya smartphone berdesain layar penuh yang diluncurkan di China saat ini. Huawei melalui sub-brandnya Honor juga membawa iterasi terbarunya yang dinamakan Huawei V10.
Smartphone ini rencananya akan diperkenalkan ke publik pada 5 Desember 2017 mendatang. Dan nantinya smartphone ini akan diperkenalkan dalam beberapa varian warna yakni Beach Gold, Aurora Blue, Charm Red, dan Night Black.
Honor V10 varian Charm Red sebenarnya  memiliki kesamaan spesifikasi dengan varian warna lainnya. Dan secara garis besar mengemas hampir semua fitur dari Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro, namun dari sektor harga yang jauh lebih rendah.
Honor V10 varian Charm Red hadir dengan warna yang sangat indah dan terkesan mewah. Kinerja dari Honor V10 varian Charm Red mengandalkan prosesor Hisilicon Kirin 970 yang dibangun dari prosesor Octa-core (4x2.4 GHz Cortex-A73 & 4x1.8 GHz Cortex-A53), didukung oleh kelola grafis Mali G72 MP12 dan mendukung ekspansi penyimpanan memori eksternal melalui MicroSD hingga 256GB (menggunakan slot SIM 2). Smartphone yang menjalankan OS Android v8.0 Oreo ini didukung oleh kombinasi RAM/ROM: RAM 6GB/ROM 128GB dan atau RAM 4 atau 6GB/ROM 64 GB.


Komentar

Postingan populer dari blog ini